Pengertian Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

APA ITU EKONOMI ???

PENGERTIAN EKONOMI

Kata “ekonomi” berasal dari bahasa Yunani yaitu (oikos) yang berarti keluarga (rumah tangga), dan (nomos) berarti peraturan, aturan atau hukum. Secara umum, kata ekonomi diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga atau negara (Putong, 2013).

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001) Ekonomi adalah aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi,distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Ekonomi secara umum atau secara khusus adalah aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Ekonomi juga dikatakan sebagai ilmu yang menerangkan cara-cara menghasilkan, mengedarkan, membagi serta memakai barang dan jasa dalam masyarakat sehingga kebutuhan materi masyarakat dapat terpenuhi sebaik-baiknya. Kegiatan ekonomi dalam masyarakat adalah mengatur urusan harta kekayaan baik yang menyangkut kepemilikkan, pengembangan maupun distribusi (Sholahuddin, 2007).

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas maka dapat disimpulkan secara sederhana bahwa ekonomi merupakan manajemen aturan produksi sampai konsumsi baik dalam rumah tangga secara sempit maupun rumah tangga dalam pengertian luas. Dalam hal ini, rumah tangga yang dimaksud mengelola atau mengalokasikan seluruh sumber daya yang dimiliki dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dengan sebaik-baiknya.

PENGERTIAN ILMU EKONOMI

Ilmu ekonomi adalah bagian dari ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan manusia banyak dan beraneka ragam. Satu kebutuhan telah terpenuhi dapat memunculkan kebutuhan lainnya. Kebutuhan ini akan terus bertambah dan berkembang baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya seiring dengan kemajuan peradaban manusia (Dinar dan Hasan, 2018).

Menurut P.A Samuelson (Putong, 2010), ekonomi adalah suatu studi bagaimana oran-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan meggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai orang dan golongan masyarakat. Sedangkan Menurut Mankiw (Putong, 2010), ekonomi adalah studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya-sumber daya yang selalu terbatas atau langka.

Sehingga dari berbagai pengertian atau definisi para ahli dapat disimpulkan bahwa ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana masyarakat sebagai rumah tangga mampu mengelola sumber daya yang yang ada untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang berguna kepada masyarakat itu secara baik.


“Tulisan ini disusun berdasarkan Studi Literatur”
Sumber Pustaka :
Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dinar, Muhammad dan Muhammad Hasan. 2018. Pengantar Ekonomi : Teori dan Aplikasi. Makassar: CV. Nur Lina dan Pustaka Taman Ilmu.
Iskandar, Putong. 2010. Economics Pengantar Mikro dan Makro. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sholahuddin, M. 2007. Asas-Asas Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Post a Comment for "Pengertian Ekonomi dan Ilmu Ekonomi"