Cara Sensus Penduduk Online 2020


CARA SENSUS PENDUDUK ONLINE 2020


JANGAN LUPA SHARE APABILA TULISAN INI MEMBANTU ANDA JJJ


Sensus penduduk di Indonesia terus dilakukan untuk memetakan penduduk yang ada di Indonesia serta sebagai data pendukung dalam melaksanakan pembangunan nasional. SP 2020 ini adalah Sensus Penduduk yang ke-7 yang diselenggarakan oleh Pemerintah sejak Kemerdekaan Republik Indonesia (1. Th 1961, 2. Th 1971, 3. 1980, 4. Th. 1990, 5. Th. 2000, 6. Th. 2010, 7. Th. 2020). Tahun ini Kementerian Dalam Negeri juga bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam melaksanakan sensus penduduk yaitu melalui cara daring/online.
Sensus Penduduk 2020 ini berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya. Karena sensus penduduk 2020 ada dua tahapan, yang pertama adalah sensus penduduk secara online dengan menggunakan Gadget yang berbasis Android, yang nanti akan diselenggarakan pada tanggal 15 Februari 2020 s.d 31 Maret 2020. Dan yang kedua sensus penduduk secara Wawancara, yang akan dilaksanakan satu bulan penuh yakni tanggal 1 juli s.d 31 Juli 2020.




Cara mendaftar secara online sebagai berikut:
1.        Masuk ke laman sensus.bps.go.id untuk masuk ke Sensus Penduduk Online 2020. Namun Sebelumnya anda harus menyiapkan segala bentuk berkas yang memuat informasi pribadi anda seperti KTP, KK, SK Kematian, dll.

2.        Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK).

3.        Klik kotak kosong pada captcha, lalu klik Cek Keberadaan.
4.        Jika pertama kali melakukan akses Sensus Penduduk Online, buat kata sandi dan pertanyaan keamanan, kemudian klik Buat Pasword.
·                Password ini dibutuhkan untuk mengamankan data yang Anda isi di Sensus Penduduk Online
·                Buatlah password yang aman dan mudah diingat
·                Password yang aman terdiri dari huruf dan angka, serta minimal 6 karakter dan maksimal 15 karakter
·                Password dapat digunakan bersama-sama oleh anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK)
Pertanyaan keamanan dibuat untuk melakukan reset password ketika Anda lupa password
5.        Kemudian masuk dengan memasukkan kata sandi yang telah dibuat. Untuk meyakinkan dan tidak terjadi kesalahan, sebaiknya membaca panduan awal terlebih dulu sebelum Mulai Mengisi.

6.        Pilih bahasa yang dikuasai Ikuti petunjuk dan jawab seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur.

7.        Pada halaman pertama, penduduk diminta mengisi alamat tinggal keluarga saat ini, seperti provinsi, kota, kabupaten, kecamatan, desa atau kelurahan, RT/RW, dan nomor rumah.

8.        Di halaman selanjutnya, mengisi keterangan kondisi tempat tinggal.
9.        Selanjutnya diminta mengisi data keluarga satu persatu, dimulai dari kepala keluarga, istri, anak, atau anggota lainnya.

10.     Kemudian mengisi data aktivitas sehari-hari. Lakukan Pengisian hingga seluruh kotak isian terisi.


Anda dapat menyimpan sementara atau secara permanen data yang telah anda isikan. Kemudian untuk memastikan seluruh kotak isian sudah terisi anda dapat melihat kotak Ringkasan.


11.     Kemudian klik Kirim jika semua pertanyaan sudah terjawab. Unduh dan kirimkan bukti pengisian ke email pribadi yang sebelumnya.


Terdapat dua tujuan utama dilaksanakannya sensus penduduk 2020, yaitu:
1.        Menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Dara Kependudukan Indonesia.
2.        Menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan data yang berkualitas dan seragam baik yang akan dipergunakan untuk penyusunan perencanaan maupun untuk pelaksanaan yang terpadu pada semua pihak sangat dibutuhkan. Dengan menggunakan metode kombinasi, lanjut Menko PMK, sensus penduduk 2020 diharapkan menghasilkan data yang kridibel dan valid. Dapat menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.

Post a Comment for "Cara Sensus Penduduk Online 2020"