Cara Praktis Membuat Daftar Isi


Halo Sahabat….. JJJ

Kali ini kita akan bahas gimana caranya membuat daftar isi yang praktis dan sesuai aturan ya. Tentu saja teman-teman sering diberi tugas untuk membuat karya tulis ya, baik itu makalah, laporan praktikum, dan lain sebagainya. Semua karya tulis ilmiah tersebut pasti disertai dengan daftar isi sebagai gambaran ringkas dari isi karya tulis itu. Nah, berdasarkan pengalaman saya seringkali kesulitan yang ditemui adalah menyesuaikan daftar isi kita tersebut dengan format yang diberlakukan oleh tempat kita masing-masing ya.
Kalau begitu langsung saja kita bahas satu per satu langkahnya ya..
1.             Pertama tentu saja kita harus membuka lembar kerja kita di Ms. Word ya. Lembar kerja Ms. Word ini kita sesuaikan dengan versi yang masing-masing kita miliki ya. Untuk kesempatan ini saya menggunakan Ms.Word 2016 ya gaes..

2.             Kita klik 2 kali pada taskbar Microsoft word yang ada di desktop lalu muncul jendela pilihan Microsoft word-nya dan kita klik blank document.

3.             Setelah lembar kerja dokumen baru kita terbuka, terlebih dahulu kita mengatur margin, jenis huruf, ukuran spasi dan ukuran huruf pada lembar kerja kita ya. Kemudian kita klik Insert lalu klik Insert tabel.

4.             Masukkan 2 untuk jumlah kolom dan sesuaikan dengan jumlah daftar isi anda untuk baris, lalu klik OK.

5.             Kemudian kita atur posisi tabel kita sehingga sesuai dengan posisi kata halaman seperti gambar. Lalu isikan ke dalam kolom dua angka halaman yang menunjukkan urutan dari karya tulis kita.

6.             Setelah itu, kita isi tabel pada kolom dua sesuai dengan tata urutan dan sistematika penulisan karya tulis kita. Jangan lupa membuat titik-titik pada tiap akhir kata judul maupun sub judul yang kita buat seperti pada gambar.

7.             Lakukan langkah 6 hingga seluruh judul dan sub judul karya tulis kita sudah masuk seluruhnya seperti pada gambar.

8.             Setelah seluruh judul dan sub judul masuk dalam daftar kita harus menghapus garis dari seluruh bagian tabel. Caranya yaitu kita kembali ke menu Home kemudian perhatikan menu borders.

9.             Langkah selanjutnya kita blok seluruh bagian tabel seperti gambar berikut.

10.         Setelah itu kita klik menu Borders dan pilih No border sehingga seluruh garis tabel yang kita buat tidak muncul lagi pada lembar kerja kita. Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut.

11.         Setelah semua langkah-langkah tersebut kita kerjakan maka kerjaan kita dengan daftar isi sudah selesai dan kita dapat melanjutkan pekerjaan kita pada bagian lainnya.

Sekedar informasi bagi teman-teman bahwa langkah-langkah tersebut juga berlaku untuk daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran. Metode tersebut dapat mempercepat dan meringankan proses kerja kita. Cara dapat kita aplikasikan pada Karya Tulis Ilmiah baik itu makalah, laporan kerja, laporan praktikum, proposal skripsi, laporan hasil penelitian, skripsi bahkan tesis dan disertasi. Cara ini dapat menghindarkan kita dari kritik dan saran dari para penguji ya teman-teman JJ
Nah, teman-teman tidak perlu takut. Cara ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman saya ya dan terbukti efektif loh. Semoga cara yang saya bagikan ini dapat membantu teman-teman pembaca ya. Apabila tulisan ini memberi manfaat bagi teman-teman, saya minta bantuannya untuk membagikan informasi ini ke teman-teman lainnya yaa. Untuk teman-teman yang sudah membagikan tulisan ini saya ucapkan terimakasih. Sukses selaluu!!

Post a Comment for "Cara Praktis Membuat Daftar Isi"