Cara Praktis Membuat Daftar Isi
Halo
Sahabat….. JJJ
Kali ini kita akan
bahas gimana caranya membuat daftar isi yang praktis dan sesuai aturan ya.
Tentu saja teman-teman sering diberi tugas untuk membuat karya tulis ya, baik
itu makalah, laporan praktikum, dan lain sebagainya. Semua karya tulis ilmiah
tersebut pasti disertai dengan daftar isi sebagai gambaran ringkas dari isi
karya tulis itu. Nah, berdasarkan pengalaman saya seringkali kesulitan yang
ditemui adalah menyesuaikan daftar isi kita tersebut dengan format yang
diberlakukan oleh tempat kita masing-masing ya.
Kalau begitu
langsung saja kita bahas satu per satu langkahnya ya..
1.
Pertama tentu saja kita
harus membuka lembar kerja kita di Ms. Word ya. Lembar kerja Ms. Word ini kita
sesuaikan dengan versi yang masing-masing kita miliki ya. Untuk kesempatan ini
saya menggunakan Ms.Word 2016 ya gaes..
2.
Kita klik 2 kali pada
taskbar Microsoft word yang ada di desktop lalu muncul jendela pilihan
Microsoft word-nya dan kita klik blank document.
3.
Setelah lembar kerja
dokumen baru kita terbuka, terlebih dahulu kita mengatur margin, jenis huruf, ukuran
spasi dan ukuran huruf pada lembar kerja kita ya. Kemudian kita klik Insert
lalu klik Insert tabel.
4.
Masukkan 2 untuk jumlah
kolom dan sesuaikan dengan jumlah daftar isi anda untuk baris, lalu klik OK.
5.
Kemudian kita atur posisi
tabel kita sehingga sesuai dengan posisi kata halaman seperti gambar. Lalu
isikan ke dalam kolom dua angka halaman yang menunjukkan urutan dari karya
tulis kita.
6.
Setelah itu, kita isi
tabel pada kolom dua sesuai dengan tata urutan dan sistematika penulisan karya
tulis kita. Jangan lupa membuat titik-titik pada tiap akhir kata judul maupun
sub judul yang kita buat seperti pada gambar.
7.
Lakukan langkah 6 hingga
seluruh judul dan sub judul karya tulis kita sudah masuk seluruhnya seperti
pada gambar.
8.
Setelah seluruh judul dan
sub judul masuk dalam daftar kita harus menghapus garis dari seluruh bagian
tabel. Caranya yaitu kita kembali ke menu Home kemudian perhatikan menu
borders.
9.
Langkah selanjutnya kita blok
seluruh bagian tabel seperti gambar berikut.
10.
Setelah itu kita klik
menu Borders dan pilih No border sehingga seluruh garis tabel
yang kita buat tidak muncul lagi pada lembar kerja kita. Hasilnya akan terlihat
seperti gambar berikut.
11.
Setelah semua langkah-langkah
tersebut kita kerjakan maka kerjaan kita dengan daftar isi sudah selesai dan
kita dapat melanjutkan pekerjaan kita pada bagian lainnya.
Sekedar informasi
bagi teman-teman bahwa langkah-langkah tersebut juga berlaku untuk daftar
tabel, daftar gambar dan daftar lampiran. Metode tersebut dapat mempercepat dan
meringankan proses kerja kita. Cara dapat kita aplikasikan pada Karya Tulis
Ilmiah baik itu makalah, laporan kerja, laporan praktikum, proposal skripsi,
laporan hasil penelitian, skripsi bahkan tesis dan disertasi. Cara ini dapat
menghindarkan kita dari kritik dan saran dari para penguji ya teman-teman JJ
Nah, teman-teman
tidak perlu takut. Cara ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman saya ya dan
terbukti efektif loh. Semoga cara yang saya bagikan ini dapat membantu
teman-teman pembaca ya. Apabila tulisan ini memberi manfaat bagi teman-teman,
saya minta bantuannya untuk membagikan informasi ini ke teman-teman lainnya
yaa. Untuk teman-teman yang sudah membagikan tulisan ini saya ucapkan terimakasih.
Sukses selaluu!!
Post a Comment for "Cara Praktis Membuat Daftar Isi"