Cara Kerja Vitamin E Bagi Tubuh


Cara Kerja Vitamin E Bagi Tubuh

Vitamin E merupakan salah satu vitamin dari 6 vitamin yang dibutuhkan manusia. Vitamin E adalah vitamin larut lemak yang sangat berguna sebagai antioksidan. Selain itu vitamin E juga melindungi tubuh dari polyunsaturated fatty acid seperti asam oleat, asam linoleate dan asam arakhidonat. Vitamin E diperlukan bagi manusia untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, serta menjaga kesehatan kulit. Sebagai antioksidan vitamin E banyak dikenal sebagai penangkal kerusakan sel di dalam tubuh. Sebagian orang lebih memilih suplemen sebagai solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi sehari-hari. Padahal, tidaklah sulit untuk dapat menemukan makanan yang juga mengandung vitamin E dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kita.
Sumber utama vitamin E dari makanan sehari-hari yaitu dari minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Dalam jumlah kecil kita juga dapat menemukan vitamin E pada berbagai buah, sayur-sayuran serta kacang-kacangan. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan banyak dampak negatif bagi tubuh.

Radikal Bebas
Vitamin E diyakini mampu melawan radikal bebas melalui antioksidan yang dimilikinya. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat merusak sel tubuh serta memicu munculnya berbagai penyakit kronis seperti keluhan pada jantung dan kanker. Di sini vitamin E berperan sebagai pengawal imunitas tubuh serta pelindung sel dari kerusakan. Sebagai nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh, secara tidak langsung vitamin E juga membantu tubuh untuk melawan serangan berbagai penyakit maupun virus. Seperti halnya kondisi terkini yang sedang mewabah di seluruh dunia yaitu virus COVID-19. Virus ini bekerja diawali dengan melemahkan sistem imun tubuh manusia melalui kemunculan penyakit-penyakit lain sehingga memudahkan inkubasi virus tersebut di dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Menyikapi Wabah Virus Corona

Salah satu upaya yang dianjurkan pemerintah untuk dapat bertahan melawan wabah virus COVID-19 yaitu menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar, serta mengupayakan agar sistem imun tubuh dapat bekerja dengan optimal. Salah satu asupan yang dapat dimanfaatkan yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E.

Kesehatan Mata
Salah satu manfaat mengonsumsi vitamin E atau makanan yang mengandung vitamin E adalah menjaga kesehatan mata dalam jangka waktu yang cukup lama. Seluruh manusia tentu saja mengharapkan kondisi mata yang dimilikinya tetap dalam keadaan baik dan sehat karena mata adalah jendela hati. Vitamin E juga dipercaya dapat menghindarkan para lansia dari penyakit katarak. Untuk itu, diperlukan asupan rutin vitamin E dalam kehidupan sehari-hari sehingga keinginan memiliki mata yang sehat bukan hanya angan-angan belaka.

Menghasilkan sperma yang sehat
Radikal bebas dalam jumlah tertentu dipercaya dapat menyebabkan kerusakan pada sperma atau disebut juga menyebabkan infertilitas pada beberapa laki-laki. Dalam hal ini vitamin E sebagai antioksidan bermanfaat sebagai oknum yang dapat menetralkan radikal bebas tersebut. Untuk itu, bagi para pria disarankan untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi seperti vitamin E sehari-hari. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir peluang terjadinya kemandulan pada pria akibat sperma yang diproduksinya tidak berkualitas atau tidak sehat.

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi vitamin E, maka kita juga perlu mengetahui dari mana kita dapat memperoleh vitamin tersebut. Di tengah-tengah kemajuan zaman yang serba praktis sekarang ini, banyak orang mulai beralih kepada bahan-bahan herbal untuk memenuhi kebutuhan asupan gizinya. Berikut bahan-bahan makanan yang menyediakan vitamin E secara alami dan cukup mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

1.    Alpukat
2.    Telur Ayam
3.    Kacang Tanah
4.    Biji Bunga Matahari (Kuaci)
5.    Sayur bayam

Demikianlah yang dapat saya bagikan untuk para pembaca, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Apabila tulisan ini bermanfaat, bantu saya untuk membangun blog ini dengan membagikannya melalui media sosial teman-teman.

Post a Comment for "Cara Kerja Vitamin E Bagi Tubuh"