Cara Kuliah dengan Biaya Murah


Cara Kuliah dengan Biaya Murah

Halo teman-teman pembaca. Kali ini saya akan coba berbagi cerita tentang bagaimana sih caranya supaya bisa kuliah dengan biaya murah ? Namun sebelumnya tulisan ini berdasarkan pengalaman ya temans.
Motivasi
Sebelum kita membahas bagaimana caranya bisa kuliah dengan biaya murah, sebenarnya apa sih yang jadi kunci utama supaya kita bisa mendapatkan yang kita inginkan ? Benar teman-teman, kita harus pasang motivasi dulu dalam diri kita. Kira-kira sama nggak ya dengan kuliah ? Pengalaman saya menunjukkan kalau motivasi itu penting. Jangan bilang kita pengen kuliah kalo kita ga punya motivasi, ga punya niat, ga punya usaha, dan lain sebagainya. Kalau saya nih ya, motivasi itu muncul dalam diri saya ketika guru saya dulu sewaktu SMK bilang, “zaman sekarang gaada yang namanya ga bisa kuliah karena biaya mahal, ada banyak jalan kalau kita punya kemauan”. Nah kata-kata guru saya itu saya pegang guys sampai sekarang. Dan benar, saya bisa kuliah dengan biaya yang sangat murah dibandingkan dengan teman-teman lainnya.
Apa sih yang saya lakukan supaya bisa kuliah dengan modal biaya yang minim ?
Beasiswa
Nah itu dia guys kuncinya. Baik pemerintah maupun pihak swasta sekarang ini banyak sekali menawarkan program-program beasiswa yang sangat menarik bagi calon-calon mahasiswa maupun bagi yang sudah mahasiswa. Sedikit cerita nih ya, kalau saya tidak daftar beasiswa mungkin sekarang ini saya tidak kuliah guys. Gimana mau kuliah kalau modal duit ga ada. Tapi kembali nih ke bagian awal, kalau motivasi dan niat udah kita matangkan dalam diri kita, banyak jalan deh menuju Roma.
Apalagi nih buat teman-teman yang sekarang sedang membaca tulisan saya, berarti punya gadget dong ya, tinggal Tanya ke mbah google program-program beasiswa yang ditawarkan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak-pihak swasta.
Nilai
Sebelum mendaftar beasiswa teman-teman, kalau kita udah punya motivasi yang positif, apapun caranya pasti kita usahakan bukan. Untuk bisa dapat beasiswa bukan Cuma sekedar Tanya-tanya google, kemudian daftar ya, kita juga harus siapkan modal prestasi dong teman-teman. Upayakan nilai-nilai dari SMA/SMK teman-teman mumpuni ya. Dan untuk yang sudah jadi mahasiswa, kalian harus bisa pastikan Indeks Prestasinya mencapai 3,0. Kata orang pada umumnya sih IP 3,0 untuk soshum, tapi kalo saran dari saya, mau itu soshum ataupun saintek, persiapkan aja IP 3,0
Apa saja beasiswa yang bisa kita daftar ?
Di sini saya tuliskan 18 jenis beasiswa yang ada di Indonesia teman-teman. Tetapi supaya kita tahu, masih banyak lagi beasiswa-beasiswa lain yang bertebaran di luar sana dan belum terangkum dalam tulisan ini baik yang dalam negeri maupun luar negeri. Mulai dari Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) bagi yang sudah menjadi mahasiswa, KIP Kuliah (dulu namanya Bidik Misi) untuk yang baru lulus SLTA, Djarum Beasiswa Plus untuk yang baru lulus SLTA maupun yang sudah mahasiswa, Beasiswa Tanoto Foundation, sampai Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food (atau PT. SMART).
Kalau saya nih teman-teman terdaftar sebagai mahasiswa program bidik misi dan mendaftar mulai dari lulus SMK. Bahkan dengan bidik misi ini saya tidak perlu membayar biaya pendaftaran ujian SBMPTN teman-teman. Nah, pesan terakhir saya teman-teman, pergunakan HP kamu sebaik-baiknya untuk hal positif. Kalau mau kuliah dengan beasiswa jangan main game terus. Cari tau bagaimana cara daftar beasiswa dan apa saja persyaratannya. Berikut ini saya berikan daftar beasiswa yang bisa teman-teman pilih. Semangat!!!
1.         PPA
2.         KIP Kuliah

Baca Juga: Cara Mendaftar KIP Kuliah/Bidikmisi

3.         Djarum Beasiswa Plus
4.         Tanoto Foundation
5.         Beasiswa Karya Salemba Empat
6.         BCA Finance
7.         Bazma Pertamina
8.         CIMB Niaga
9.         Beasiswa Juara
10.      Beasiswa Bukalapak
11.      Beasiswa Cargill Global Scholars
12.      Beasiswa Astra
13.      Beasiswa BFI Finance
14.      Sampoerna Foundation
15.      Beasiswa Bank Indonesia
16.      Beasiswa Ikatan Dinas
17.      Beasiswa BPDPKS
18.      Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food

4 comments for "Cara Kuliah dengan Biaya Murah"

  1. Trims, sdh berbagi info Jekson. Ibu bangga padamu. Lebih bagus lg sertakan link (backlink) ke 18 beasiswa yg kamu sebut di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung dan atas masukannya Bu. Doakan sukses menulis bu melalui blog bu. Semoga sukses selalu ibu hotdiana Nababan dan pak Iwan Marpaung. Sarannya akan segera saya pelajari bu

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete