Cara Lengkap Meningkatkan Imunitas Tubuh


Cara Lengkap Meningkatkan Imunitas Tubuh



Wabah virus corona (COVID-19) saat ini sudah merebak ke seluruh tanah air Indonesia. Banyak masyarakat diserang dengan melemahkan imunitas tubuh sehingga lebih mudah dilumpuhkan. Berbagai upaya dan tindakan dilakukan pemerintah untuk menciptakan iklim yang kondusif di tengah-tengah masyarakat. Mulai dari melakukan berbagai sosialisasi, penyediaan fasilitas, pemantauan masyarakat, sampai pada optimalisasi penanganan terhadap pasien positif terpapar.
Upaya ini membuahkan hasil dimana tiga orang pertama pasien positif terpapar dinyatakan sembuh dan diijinkan kembali ke rumah. Hal yang menarik yaitu bagaimana tiga orang pasien pertama tersebut dapat sembuh sedangkan vaksin maupun obat belum ditemukan. Fenomena tersebut tentu saja dapat dijadikan sebuah pelajaran penting bagi masyarakat bahwa ternyata virus ini bisa dilawan tanpa vaksin. Artinya, selain vaksin yang diproduksi melalui proses buatan ternyata tubuh manusia juga mempunyai ‘vaksin’ sendiri yang ternyata mampu melawan serangan COVID-19.
Ya, vaksin tersebut dinamakan imunitas tubuh. Manusia harus menjaga kesehatan tubuhnya agar senantiasa kuat untuk melawan serangan virus corona. Berikut ini cara lengkap meningkatkan imunitas tubuh.

1.             Mengkonsumsi makanan nabati dan tinggi serat
Mikroba dalam usus manusia bukan hanya menghasilkan pelindung tubuh tetapi juga membentuk program sistem imun tubuh. Mikroba-mikroba ini tidak datang dengan sendirinya dalam tubuh. Mikroba ini menyukai makanan nabati jenis tinggi serat. Maka untuk meningkatkan pembentukan sistem imun dalam tubuh dapat didukung dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat.

2.             Menghindari paparan langsung sinar UV
Kulit manusia juga menyimpan berbagai jenis mikroba yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai mikroba merugikan. Banyak orang tidak mengetahui bahwa paparan sinar UV yang berlebihan pada kulit dapat merusak mikroba dan melemahkan sistem perlindungan. Maka disarankan untuk menghindari paparan sinar UV yang berlebihan.

3.             Berolahraga ringan dan cukup
Sel darah putih dapat menjadi non aktif apabila tubuh dalam kondisi tidak fit. Berolahraga yang cukup dapat membuat tubuh menjadi bugar sehingga meningkatkan mobilisasi darah dalam tubuh. Dalam kondisi peredaran darah yang lancar sel darah putih dapat bekerja optimal dalam melakukan tugas pengawasannya. Bahkan sel darah putih dapat membunuh bakteri dan virus yang akan masuk ke dalam tubuh.

4.             Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
Mengkonsumsi alkohol disebutkan dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh. Sehingga dapat mempermudah berbagai jenis bakteri dan virus yang akan masuk ke dalam tubuh.

5.             Tidur yang cukup
Tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Berolahraga yang cukup dapat meningkatkan kualitas tidur.

6.             Mengkonsumsi makanan hasil fermentasi
Mengkonsumsi makanan hasil fermentasi dapat meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus sehingga dapat membantu kerja bakteri pelindung untuk meningkatkan kekebalan.

7.             Membatasi konsumsi gula
Mengkonsumsi gula berlebihan dapat memunculkan berbagai penyakit berbahaya sehingga melemahkan imunitas tubuh. Mengkonsumsi gula dalam dosis yang normal justru dapat berdampak baik pada kesehatan tubuh.

8.             Tetap terhidrasi
Tetap menjaga hidrasi tubuh dengan baik juga dapat menjaga kebugaran tubuh. Tubuh yang dalam keadaan fit dan bugar juga akan berdampak baik bagi sistem imun dan sistem perlindungan dalam melawan serangan virus corona.

9.             Mengelola stress dengan baik

Kelola stress anda dengan baik agar sistem imun anda dapat tetap terjaga dan kuat dalam melawan serangan virus corona. Stress yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon yang mengganggu kerja sistem imun dalam melawan serangan infeksi.


2 comments for "Cara Lengkap Meningkatkan Imunitas Tubuh"

  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217 :-* (f)

    ReplyDelete