Belajar Dasar SEO Mudah Dimengerti dan Lengkap



Belajar Dasar SEO Mudah Dimengerti dan Lengkap


Era industri 4.0 membawa seluruh elemen kehidupan manusia ke dalam layanan digital. Bukan hanya sekedar sebagai alat komunikasi atau sumber informasi, dunia digital juga dimanfaatkan sebagai platform untuk berbisnis dan hal ini sangat menjanjikan. Salah satunya adalah internet. Banyak orang bisa membuat bisnisnya di internet. Akan tetapi, banyaknya interaksi yang ada di internet membuat setiap individu untuk berkompetisi mencuri hati mesin pencari (search engine). Di sini kita akan belajar dasar SEO mudah dimengerti dan lengkap.

Mesin pencari bukan sekedar tulang punggung dari industri online tapi juga sebagai awal dari industri Search Engine Optimization, atau lebih dikenal dengan SEO. SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Kata kunci merupakan hal penting agar web atau blog mendapat tempat yang baik di mesin pencari.

Menurut Callen, Brad. Optimasi search engine seharusnya terdiri dari dua metode, yaitu :
a.             optimasi search engine On page  adalah hal-hal yang dapat diubah pada halaman web, yaitu :
·               Title tags
Penggunaan Title Tag, pemilihan judul (title) website yang akan ditampilkan pada halaman website sangat penting. Pada bagian title harus mengandung kata kunci yang tidak terlalu panjang dan juga relevan dengan isi konten web yang akan ditampilkan. Selain itu buatlah title se-unik mungkin untuk setiap halaman website.
·               Header tags
·               Huruf yang ditebalkan (bold), dimiringkan, digaris bawahi.
·               Alt image tags
·               Meta Tags (keywords, description), dsb.
Beberapa jenis meta tags yang di optimalkan meliputi tiga kategori yaitu meta title, meta description dan meta keyword. Penggunaan meta title dan meta description yang tepat dapat menambah kekuatan posisi sebuah website pada search engine. Meta title berfungsi konten snippet deskripsi dari hasil pencarian di search engine, sedangkan meta description berfungsi memuat informasi yang mendeskripsikan halaman website pada search engine. Begitu juga dengan penerapan meta keyword apabila teknik optimasi yang tepat dan benar akan mempertahankan posisi website pada search engine results page google.

Page Tag Meta Description, bagian ini merupakan pembeda yang sangat jelas antara 1 web dengan web yang lainnya, walaupun mungkin secara konten dan jenis web yang ditampilkan sama. Keuntungan utama yang dimiliki jika sebuah website menggunakan tag meta adalah mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang lebih baik terhadap sebuah halaman website. Kemudian penelitian juga membuktikan bahwa keyword yang muncul pada bagian title dan juga pada bagian tag meta menampilkan hasil pencarian yang lebih baik daripada website yang hanya menggunakan optimasi title saja.

·               Page Content
Page Content, konten yang bermutu dan berkualitas menjadi salah satu faktor penting dan utama dalam SEO. Hal ini dimaksudkan agar ketika seorang pengunjung web melihat isi konten web yang ditampilkan pada sebuah halaman web, maka mereka dapat membagikan atau mereferensikan halaman web tersebut kepada orang lain dengan menggunakan bantuan media sosial, email ataupun melalui forum.

·               Image Optimization
Image Optimization, gambar merupakan salah satu komponen utama yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah website modern sekarang ini. Berbagai macam jenis format gambar juga membantu menunjang agar sebuah website menjadi lebih menarik. Setiap gambar yang ditampilkan disarankan menggunakan format gambar standar dan penggunaan atribut alt pada tag img dapat digunakan untuk menampilkan pesan teks alternatif jika gambar tidak dapat ditampilkan dengan baik pada browser.

SEO On-Page adalah suatu aktifitas yang dilakukan terhadap halaman website agar mesin pencari bisa dengan mudah untuk mengindex kata kunci yang ada dalam website tersebut. Hal ini membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba dalam melakukan SEO On-Page dengan membuat konten yang berkualitas dengan memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat, sehingga pengunjung pun senang terhadap konten yang telah disajikan.

b.            optimasi search engine Offpage  adalah optimization dari website-website yang berhubungan (memberi link) ke website anda. Misalnya:
·               Penggunaan 'Anchor text' pada link
·               Judul dari halaman dimana link ke website anda berada
·               'Page  rank' dari halaman dimana link ke website anda berada
·               "Tema" dari website yang link ke website anda.
SEO Off-Page adalah suatu aktifitas yang dilakukan untuk meningkatkan traffik pada faktorfaktor yang ada pada luar website dalam mempengaruhi peringkat website sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Adapun yang sering dilakukan para pelaku bisnis online dalam melakukan SEO Off-Page terhadap website mereka adalah dengan memberikan backlink yang berkualitas pada website utama.

Optimasi yang dilakukan dari luar. Teknik ini digunakan dengan cara melakukan ping, submit ke webmaster, submit ke social bookmark, dan mencari backlink relevan di website lain. Backlink sangat penting bagi sebuah website, backlink dapat diibaratkan sebagai rekomendasi link yang diberikan website lain atau biasa disebut juga link building. Semakin banyak in bound link yang menuju ke website, maka website akan semakin diprioritaskan oleh Search Engine.

Post a Comment for "Belajar Dasar SEO Mudah Dimengerti dan Lengkap"