Tugas Contoh Analisis Audiens Program KRPL (Mata Kuliah Komunikasi Pertanian)


BAB I
LATAR BELAKANG

Masyarakat Indonesia sejak dulu sudah dikenal sangat heterogen dalam berbagai aspek, seperti adanya keberagaman suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat dan sebagainya. Perkembangan dunia yang sangat pesat saat ini dengan mobilitas dan dinamika yang sangat tinggi telah menyebabkan dunia bergerak menuju ke arah globalisasi yang hampir tidak memiliki batas-batas sebagai akibat dari perkembangan teknologi modern.
Berkomunikasi merupakan suatu kebutuhan yang fundamental bagi seseorang yang hidup bermasyarakat, tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat, maka manusia tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia selalu berinteraksi dengan sesama serta dengan lingkungan dalam hidupnya. Manusia hidup berkelompok baik dalam kelompok besar maupun dalam kelompok kecil.
Komunikasi adalah suatu proses hubungan antara satu orang dengan orang lain atau kelompok atau sebaliknya, yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan membangun hubungan antar sesama melalui pertukaran informasi yang dapat berpengaruh terhadap sikap atau tingkah laku orang lain. Komunikasi massa adalah proses penyampaian informasi, ide dan sikap kepada banyak orang (biasanya dengan menggunakan mesin atau media yang diklasifikasikan ke dalam media massa, seperti radio siaran, televisi siaran, surat kabar, majalah dan film).
Dalam kegiatan penyuluhan pertanian, komunikasi menjadi sebuah faktor penting yang dapat menunjang tercapainya tujuan-tujuan penyuluhan. Disini, komunikan dituntut untuk memiliki sebuah strategi komunikasi agar objek penyuluhan dapat menerima pesan dengan baik dan tidak terjadi missunderstanding dalam proses penyuluhan ini.
Peningkatan ketersediaan pangan bagi seluruh warga negara menjadi salah satu strategi yang harus diwujudkan bersama agar dapat tercapainya ketahanan nasional dari wujud berdaulatnya bangsa Indonesia. Salah satu keberhasilan pembangunan ini yakni tercermin dari tersedianya pangan yang cukup pada setiap rumah tangga tani. Berlanjut secara operasional di lapangan pada sektor perekonomian keluarga tani yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan. Hak ini dapat dimulai dari pembagian peran dalam keluarga yang saling menyeimbangi untuk tujuan keselarasan.
Berdasarkan penjelasan di atas, diperlukan proses komunikasi terhadap petani untuk melaksanakan upaya yang menjadi solusi terhadap permasalahan pasokan bahan pangan nasional. Proses komunikasi yang akan dilaksanakan yaitu menjelaskan penerapan kawasan rumah pangan lestari dimana setiap rumah tangga dihimbau untuk menciptakan kegiatan usahatani di pekarangan rumahnya. Melalui upaya ini diharapkan setiap rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya serta menjamin tersedianya pasokan bahan pangan di daerahnya maupun di luar daerah.



















BAB II
PEMBAHASAN

Analisis audiens berarti memahami kepentingan, nilai-nilai, dan tujuan dari orang-orang yang ingin kita pengaruhi untuk melakukan sesuatu. Hal ini mungkin keterampilan yang paling penting dalam manajemen. Kita harus memahami bagaimana mereka berpikir; bagaimana mereka memandang kepentingan mereka; apa yang akan membuat mereka mendukung kita. Ini juga berarti kita harus memberi mereka sesuatu yang dapat dipercaya. Ini dapat menjaga saluran komunikasi terbuka sebelum, selama, dan setelah proses pengambilan keputusan.
Analisis audiens yang paling sering dan makin diabaikan jadi tantangan dalam komunikasi bisnis. Pada saat kita telah memutuskan apa yang ingin kita capai, mengapa kita yang melakukannya, dan bagaimana melakukannya.

1.        Apa (What) yang akan dilakukan?
Dalam hal ini yang akan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan ialah pembentukan kawasan rumah pangan lestari, dimana setiap rumah tangga dihimbau untuk melakukan kegiatan cocok tanam di sekitar pekarangan rumahnya. Kegiatan cocok tanam yang diharapkan tidak terpaku hanya pada hamparan lahan, akan tetapi juga sangat diharapkan inovasi-inovasi bercocok tanam pada media-media lainnya seperti hidroponik, bercocok tanam dalam pot dan lain sebagainya.

2.        Siapa (Who) yang berperan sebagai komunikator dan komunikan?
Program ini akan disampaikan oleh penulis dibantu oleh beberapa rekan kerja sebagai komunikatoryang akan menjelaskan secara spesifik mengenai apa sebenarnya kegiatan yang akan dilakukan, bagaimana proses pengerjaannya serta apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut. Penyampaian program ini akan disampaikan kepada seluruh masyarakat desa maupun kota (komunikan) yang memiliki pekarangan rumah maupun tidak dan memungkinkan untuk dilaksanakannya kegiatan bercocok tanam. Program ini tidak hanya ditujukan kepada masyarakat non pegawai tetapi kepada seluruh lapisan masyarakat lintas profesi yang memiliki waktu luang dalam kesehariannya.

3.        Kapan (When) kegiatan akan dilaksanakan?
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 24 Februari 2019 tepatnya di sore hari. Hal bertujuan supaya dapat dipastikan banyak masyarakat yang bekerja maupun bersekolah sedang berada di rumah sehingga setiap pesan dapat tersampaikan secara merata dan didapatkan oleh seluruh masyarakat. Akhirnya, proses realisasi dapat berjalan dengan baik dan tujuan daripada perealisasian program ini tercapai dengan baik.

4.        Dimana (Where) program akan disosialisasikan?
Program ini akan disosialisasikan di Desa Simpang Marbau Kecamatan Na IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara. Adapun lokasi yang akan dijadikan sebagai pilot project yaitu di Dusun VI dimana masih memiliki pola komunikasi antar masyarakatnya yang begitu baik. Lokasi ini cukup strategis dimana menjadi lalu lintas utama dari pusat keramaian (ibukota kecamatan) menuju perusahaan BUMN dan menuju ibukota kabupaten tetangga.
Kegiatan sosialisasi akan dilaksanakan di Balai Dusun VI dimana biasanya masyarakat berkumpul dimana balai ini memiliki daya tampung yang besar dan memungkinkan masyarakat dusun untuk berkumpul. Selain itu, sosialisasi juga dapat dilakukan di rumah warga yang sedang melakukan perwiridan.

5.        Kenapa (Why) program ini disosialisasikan?
Rata-rata kondisi perekonomian masyarakat pada lokasi yang dipilih ini yaitu berada pada kelas menengah ke bawah. Sering sekali komunikator mendengar keluhan-keluhan dari masyarakat terutama ibu-ibu mengenai mahalnya harga bahan pokok (pangan) serta sulitnya perekonomian akibat tingginya tingkat pengangguran serta sulitnya mencari lapangan pekerjaan. Di samping itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pemenuhan kebutuhan gizi maka diperlukan adanya upaya diversifikasi pangan melalui kegiatan cocok tanam secara polikultur.
Melalui program ini diharapkan setiap rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan bahan pangannya secara mandiri serta dapat mengalokasikan anggaran belanja bahan pangannya untuk memenuhi kebutuhan lainnya ataupun untuk berinvestasi. Selain itu, tersedianya pasokan bahan pangan di daerah tersebut memungkinkan untuk memasok kebutuhan bahan pangan di daerah sekitarnya sehingga dapat dijadikan sebagai usaha serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

6.        Bagaimana (How) sosialisasi program akan dilaksanakan?
Ada tiga cara yang akan digunakan dalam proses sosialisasi program ini, yakni secara lisan dan tulisan, visual dan audio-visual maupun praktik secara langsung. Penyampaian secara lisan dan tulisan akan dilakukan menggunakan powerpoint presentation maupun berupa brosur yang akan diperkokoh melalui penjelasan secara lisan oleh komunikator. Dalam power point maupun brosur akan disajikan gambaran hasil dari program tersebut serta bagaimana alur proses pengerjaannya. Di sana juga akan dijelaskan mengenai tujuan dan output yang diharapkan
Adapun media berupa visual dan audio-visual akan disajikan melalui proyektor dan brosur khusus untuk yang berupa visual. Bahan audio-visual berupa video yang disajikan akan memuat contoh-contoh model cocok tanamnya, bagaimana prosedur pengerjaannya serta contoh KRPL yang telah sukses.
Sedangkan dalam praktik secara langsung, komunikator akan berusaha menjelaskan prosedur kerja kegiatan cocok tanam yang disosialisasikan. Komunikator akan mencontohkan kegiatannya pada salah satu rumah tangga sehingga memudahkan masyarakat dalam memahami bagaimana prosedur pengerjaannya. Hal ini juga ditujukan supaya proses adopsi oleh masyarakat dapat terjadi lebih cepat.






Evaluasi Pencapaian

No
Parameter Evaluasi
1
2
3
4
5

Pengetahuan
1
Mengetahui






Memahami






Menganalisis





2
....





3
...., dst







Sikap
1
Tertarik/interesting






Minat





2
....





3
...., dst







Keterampilan
1
Prosedur






Aplikatif





2
....





3
...., dst
















Questioner

1.        Apakah Anda mengetahui maksud dari KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang telah disampaikan ?
a.       Sangat mengetahui
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang mengetahui
d.      Tidak mengetahui
e.       Sangat tidak mengetahui
Jelaskan : ______________________________________________________
2.        Apakah Anda mengetahui alasan mengapa KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) perlu dilaksanakan di daerah Anda tinggal ?
a.       Sangat mengetahui
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang mengetahui
d.      Tidak mengetahui
e.       Sangat tidak mengetahui
Jelaskan : ______________________________________________________
3.        Apakah Anda mengetahui tujuan dilaksanakannya program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ?
a.       Sangat mengetahui
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang mengetahui
d.      Tidak mengetahui
e.       Sangat tidak mengetahui
Jelaskan : ______________________________________________________
4.        Apakah Anda memahami prosedur pengerjaan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ?
a.       Sangat memahami
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang memahami
d.      Tidak memahami
e.       Sangat tidak memahami
Jelaskan : ______________________________________________________
5.        Apakah Anda mengetahui sejauh mana keterkaitan antara pola konsumsi anda dengan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ?
a.       Sangat mengetahui
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang mengetahui
d.      Tidak mengetahui
e.       Sangat tidak mengetahui
Jelaskan : ______________________________________________________
6.        Apakah Anda mengetahui keterkaitan kondisi ekonomi daerah Anda dengan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ?
a.       Sangat mengetahui
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang mengetahui
d.      Tidak mengetahui
e.       Sangat tidak mengetahui
Jelaskan : ______________________________________________________
7.        Apakah Anda mengetahui kekurangan daripada model yang diterapkan dalam program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ini ?
a.       Sangat mengetahui
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang mengetahui
d.      Tidak mengetahui
e.       Sangat tidak mengetahui
Jelaskan : ______________________________________________________
8.        Seberapa besar Anda berfikir untuk mencarikan solusi terhadap kekurangan daripada model yang diterapkan dalam program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ini ?
a.       Sangat besar
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang
d.      Tidak ada
e.       Sangat tidak ada
Jelaskan : ______________________________________________________
9.        Seberapa tertarik kah Anda terhadap program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang telah disosialisasikan ?
a.       Sangat tertarik
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang tertarik
d.      Tidak tertarik
e.       Sangat tidak tertarik
Jelaskan : ______________________________________________________
10.    Seberapa besar pengaruh proses komunikasi yang dilakukan terhadap ketertarikan Anda untuk menerapkan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ini ?
a.       Sangat berpengaruh
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang berpengaruh
d.      Tidak berpengaruh
e.       Sangat tidak berpengaruh
Jelaskan : ______________________________________________________
11.    Seberapa besar efektifitas proses komunikasi yang dilakukan sehingga dapat mempengaruhi Anda untuk menerapkan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari ) ini di rumah Anda ?
a.       Sangat efektif
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang efektif
d.      Tidak efektif
e.       Sangat tidak efektif
Jelaskan : ______________________________________________________
12.    Seberapa besar minat Anda untuk mengikuti arahan penerapan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ini ?
a.       Sangat berminat
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang berminat
d.      Tidak berminat
e.       Sangat tidak berminat
Jelaskan : ______________________________________________________
13.    Seberapa besar pengaruh media yang digunakan dalam komunikasi terhadap minat anda untuk menerapkan program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ini ?
a.       Sangat berpengaruh
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang berpengaruh
d.      Tidak berpengaruh
e.       Sangat tidak berpengaruh
Jelaskan : ______________________________________________________
14.    Apaka Anda yakin mampu menerapkan prosedur kerja program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ini ?
a.       Sangat yakin
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang yakin
d.      Tidak yakin
e.       Sangat tidak yakin
Jelaskan : ______________________________________________________
15.    Seberapa besar niat Anda memberikan inovasi maupun modifikasi terhadap prosedur kerja program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ini ?
a.       Sangat berniat
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang berniat
d.      Tidak berniat
e.       Sangat tidak berniat
Jelaskan : ______________________________________________________
16.    Apakah menurut anda program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ini dapat diaplikasikan di rumah ?
a.       Sangat dapat
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang dapat
d.      Tidak dapat
e.       Sangat tidak dapat
Jelaskan : ______________________________________________________
17.    Seberapa mudah program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) ini diaplikasikan di rumah ?
a.       Sangat mudah
b.      Sedang-sedang saja
c.       Kurang mudah
d.      Tidak mudah
e.       Sangat tidak mudah
Jelaskan : ______________________________________________________

Akumulasi
Sangat             = 1
Sedang            = 2
Kurang            = 3
Tidak               = 4
Sangat tidak    = 5

Post a Comment for "Tugas Contoh Analisis Audiens Program KRPL (Mata Kuliah Komunikasi Pertanian)"