Membangun Motivasi


Bagaimana Membangun Motivasi?

Pertanyaan ini sering muncul di kalangan anak muda yang sedang mencari kerja, sedang memulai usaha bahkan yang sedang mengenyam pendidikan. Secara khusus tulisan ini akan membahas bagaimana caranya membangun motivasi seseorang yang sudah terlanjur malas belajar padahal ia mempunyai potensi untuk berprestasi. Sangat disayangkan ketika seseorang memiliki IQ yang tinggi tetapi malas untuk belajar karena motivasinya untuk belajar tidak ada atau bahkan dikalahkan oleh kemalasan.
Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa ketidaktahuan obatnya adalah belajar tetapi kemalasan obatnya adalah mati. Artinya bahwa tidak ada obat bagi sebuah kemalasan seseorang jika tidak diri sendiri. Bahkan seorang professor pun tidak akan mampu mengubahkan diri seseorang yang malas apabila tidak dimulai dari dirinya sendiri.
Apapun pengertiannya, motivasi merupakan unsur penting dalam diri manusia yang berperan dalam mewujudkan keberhasilan dalam usaha maupun pekerjaan manusia. Orang biasanya bertindak karena suatu alasan untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, motivasi adalah sebuah dorongan yang diatur oleh tujuan dan jarang muncul dalam kekosongan. Apabila pengertian tersebut ditarik pada kegiatan belajar, maka motivasi belajar merupakan sebuah dorongan yang diatur oleh tujuan belajar untuk mewujudkan keberhasilan dari tujuan belajar tersebut.
Tujuan belajar ialah faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas belajar. Maka kunci untuk membangun motivasi belaja itu ialah memantapkan tujuan belajar terlebih dahulu. Sebagai pelajar, motivasi dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor internal dan eksternal. Karena faktor-faktor ini berpengaruh terhadap motivasi maka seseorang harus mengerti dan menguasai kedua faktor tersebut.

Lihat Pula: Menghilangkan Rasa Malas Gerak

FAKTOR INTERNAL
Faktor internal ialah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang yang mempengaruhi pembentukan motivasi dalam belajar. Faktor-faktor ini terdiri dari Minat; Sikap terhadap diri sendiri, pelajaran dan suasana belajar; Kebutuhan individual; Emosi dan suasana hati serta Pola hidup.
Minat
Minat merupakan unsur yang menjadi sangat penting dalam upaya membangun motivasi. Seseorang harus terlebih dahulu menumbuhkan minat belajar supaya ia termotivasi untuk belajar. Sehingga minat merupakan dasar dalam menumbuhkan motivasi belajar seseorang.
Sikap terhadap Diri Sendiri, Pelajaran dan Suasana Belajar
Maksudnya ialah seseorang harus bijak mengambil sikap terhadap pelajaran, suasana belajar bahkan terhadap dirinya sendiri. Kunci supaya seseorang termotivasi untuk belajar ialah memunculkan sikap dirinya harus menyukai pelajaran tersebut. Ilustrasinya adalah seorang yang menyukai teman lawan jenisnya, maka ia akan melakukan apapun supaya temannya itu berhasil ia dapatkan. Sama halnya dengan suasana belajar, apabila di dalam pendidikan formal kita tidak dapat memaksakan kehendak supaya suasana belajarnya menarik bagi kita, maka belajar di rumah adalah solusinya. Hal ini merupakan bagian dari bersikap bijak terhadap diri sendiri.
Kebutuhan Individual
Jadikan pelajaran sebagai kebutuhan individu kita supaya kita termotivasi untuk belajar. Mengapa pelajaran merupakan kebutuhan? Era modern merupakan era dimana kemajuan pengetahuan dan teknologi dijadikan sebagai acuan kemajuan peradaban. Maka pendidikan sudah tentu menjadi kebutuhan primer setiap individu. Akan tetapi saat ini masih banyak orang muda yang belum mengetahui hal ini.
Emosi dan Suasana Hati
Mengendalikan emosi dan suasana hati menjadi penting dalam mendukung tercipatanya motivasi belajar seseorang. Maka hal-hal yang dapat memunculkan pemikiran positif dapat dilakukan sehingga emosi menjadi terkendali. Emosi yang dapat menurunkan motivasi belajar yaitu amarah, sedih yang berlebihan, bahagia yang berlebihan dan atau bahkan berpacaran yang tidak terkendali.
Pola Hidup
Pola hidup seseorang juga dapat sangat berpengaruh dalam memotivasi dirinya untuk belajar. Disiplin dalam kehidupan sehari-hari dapat berdampak positif dalam membangun motivasi. Memainkan gadget yang tidak mengenal waktu misalnya akan berpengaruh terhadap banyak hal mulai dari waktu yang terkelola dengan baik, melemahkan minat belajar atau bahkan merusak cara berpikir.

FAKTOR EKSTERNAL
Faktor eksternal ialah faktor yang berasal dari luar diri seseorang yang mempengaruhi pembentukan motivasi dalam belajar. Faktor ini terdiri dari Lingkungan; Keinginan untuk hidup; Keinginan untuk memiliki; Keinginan untuk memperoleh penghargaan; Keinginan untuk memperoleh pengakuan dan Keinginan untuk berkuasa.
Lingkungan
Kondisi lingkungan akan sangat mempengaruhi motivasi seperti memilih lingkungan berteman sebagai penilai, memilih pergaulan sebagai cara hidup atau bahkan memilih pasangan sebagai motivator. Bijak dalam memilih semua komponen tersebut dapat membantu kita dalam membangun motivasi belajar.
Keinginan untuk hidup
Maksudnya ialah menjadikan belajar sebagai komponen yang dapat membawa kita pada tujuan memperoleh hidup.
Keinginan untuk memiliki
Maksudnya yaitu menjadikan belajar sebagai komponen yang dapat membawa kita pada tujuan memiliki sesuatu. Contohnya memiliki pekerjaan, memiliki barang mewah dan lain sebagainya. Atau kita perlu sadari bahwa pendidikan juga bisa menjadi komponen penting bagi kita untuk dapat memiliki teman hidup.
Keinginan untuk memperoleh penghargaan
Maksudnya yaitu menjadikan belajar sebagai dasar yang dapat memberi kita sebuah penghargaan.
Keinginan untuk memperoleh pengakuan
Maksudnya yaitu menjadikan belajar sebagai dasar yang dapat memberi kita sebuah penghargaan.
Keinginan untuk berkuasa
Sederhananya yaitu untuk bisa menjadi penguasa maka belajar merupakan kunci utamanya sekalipun tidak dalam pendidikan formal.

Maka kesimpulannya ialah rajin belajar saja tidak dapat memastikan bahwa kita akan sukses di masa depan apalagi malas belajar.

Terimakasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung, bagikan apabila tulisan ini bermanfaat.

Post a Comment for "Membangun Motivasi"