Cara Mendapatkan Listrik Gratis


CARA MENDAPATKAN LISTRIK GRATIS DARI PEMERINTAH



Presiden Joko Widodo atas nama pemerintah melalui PT. PLN (Persero) menggratiskan penggunaan listrik bagi masyarakat. Konsumen dengan daya 450 VA (Volt Ampere) dipotong 100 persen serta memberi potongan harga 50 persen bagi konsumen dengan daya 900 VA (Volt Ampere). Kebijakan ini diambil sebagai respon pemerintah untuk mengurangi dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat akibat dari penyebaran virus corona (COVID-19). Hal ini rencananya akan diberlakukan selama tida bulan yaitu April, Mei hingga Juni. Akan tetapi, apabila kondisi tetap tidak memungkinkan, kebijakan ini bisa saja kembali diberlakukan.

Lihat Juga: Vitamin dapat Meningkatkan Sistem Imun

Berikut ini kriteria pelanggan yang menerima subsidi ini:
1.      Pelanggan yang menerima sudah ditetapkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Datanya yaitu: 24 juta pelanggan yang digratiskan dan 7 juta pelanggan yang diberi potongan 50 persen.
2.      Untuk pelanggan dengan daya 450 VA, pada struk pembayaran listrik yang diterima pelanggan setiap bulan tertera kode R1 atau R1T (pelanggan penerima subsidi).
3.      Untuk pelanggan dengan daya 900 VA (pelanggan non subsidi), pada struk pembayaran listrik yang diterima pelanggan setiap bulan tertera kode R1M artinya pelanggan ini Mampu (M), sehingga pelanggan ini tidak masuk kriteria penerima subsidi.

Selain kriteria di atas, berikut ini cara cek apakah anda termasuk pelanggan yang bisa menerima listrik gratis atau tidak:
1.      Cek struk pembayaran rekening listrik anda
2.      Lihat kode Tarif/Daya yang tertera
3.      Jika tertera kode R1/R1T, artinya anda berhak melakukan klaim
4.      Jika tertera kode R1M/900, artinya anda mampu

Bagaimana cara klaim listrik gratisnya? Berikut cara lengkapnya.

PELANGGAN PASCABAYAR
Untuk pelanggan yang menggunakan meteran pasca bayar dengan daya 450 VA, biaya pembayaran rekening listrik bulanannya akan langsung digratiskan. Sementara itu, untuk pelanggan yang menggunakan meteran pasca bayar dengan daya 900 VA (bersubsidi), biaya pembayaran rekening listrik bulanannya akan otomatis dipotong atau dikurangi sebesar 50 persen setiap bulan.

PELANGGAN PRA BAYAR
Khusus untuk pelanggan pra bayar klaim listrik gratis ini dapat dilakukan dengan du acara yaitu melalui Pesan Whatsapp ke nomor 0812-2123-123 atau melalui Situs PLN www.pln.co.id.
Cara Melalui Situs/Website PLN:
1.      Buka situs www.pln.co.id. di internet
2.      Masukkan ID pelanggan/nomor meter pada kolom Pencarian dan Indentitas
3.      Pada kolom keterangan token listrik gratis akan tampil
4.      Pelanggan dapat memasukkan token gratis ke KwH

Cara melalui Pesan WhatsApp:
1.      Kirim pesan melalui 08122123123
2.      Pelanggan memulai percakapan dengan pesan “Listrik Gratis”
3.      Masukkan ID pelanggan sesuai permintaan
4.      Token listrik anda akan tampil di layar
5.      Token anda siap untuk digunakan

BAGIKAN KE KERABAT, SAUDARA, ATAU TETANGGA

Begitulah cara mengklaim listrik gratis yang diberikan pemerintah. Jangan lupa untuk menerapkan Social Distancing atau Physical Distancing. Jangan kemana-mana, Di Rumah Aja.


Post a Comment for "Cara Mendapatkan Listrik Gratis"